Pendaftaran CPNS Guru 2018

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memberi intriksi kepada Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi agar pihaknya enggan menambahkan sejumlah tambahan untuk tahun ini agar pendaftaran cpns guru 2018 ditambahkan sebanyak 100 ribu lowongan. Guna memenuhi kebutuhan pendidikan di era mendatang. Pada tahun ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan berencana memenuhi kuota gur yang di rencanakan yang mana tahun ii jumlah tenaga pengajar berjumlah 700 ribu diseluruh Indonesia. Jumlah sebanyak itu masih dirasa perlu ditambahkan dimana di setiap tahun setiap guru akan mengalami masa – masa dimana harus menghadapi pensiun. Dari angka yang di ajukan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan itu dimaksud untuk menanggulangi berkurangnya tenag pengajar yang ada pad suatu daerah yang baru. Dimana tenaga pengajar yang baru tidak serta merta mampu beradaptasi bila berada di lingkungan baru apalagi bagi guru yang mengajar di pelosok – pelosok yang jauh dari kota dan informasi memerlukan waktu yang relatif lama menyesuaikan diri.

Wacana pedaftaran cpns guru dengan skala besar – besaran tidak serta merta akan menyelesaikan masalah kekurangan jumlah tenaga pengajar. Menurut data yang berlaku tenaga pengajar yang baru diterima tidak akan langsung memberi produktivitas yang sebanding dengan yang telah ada. Perekrutan kali ini bertujuan untuk memeratakan kuantitas tenagapengajar terlebih dahulu. Apabila terjadi terlalu banyak tenaga pengajar baru di satu tempat maka produktivitas pengajaran akan stagnan. Diharapkan sinergi akan terjadi apabila di satu tempat memiliki tenaga pengajar berpengalaman dan tenaga pengajar baru dibri ruang dalam satu wadah yang sama.

 

Untuk memehuhi kebutuhan Sekolah Menengah Kejuruan yang notabene kebutuhan guru di instansi ini agak sedikit berbeda dari sekolah lain. Maka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya mencanakan program guru keahlian ganda yang mana melalui Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) memberi bekal tenaga guru yang berkeinginan memilki keahlian tambahan tanpa melalui pendidikan formal yang lebih lama sebagai nilai tambah. Diharapkan pada tenaga pengajar yang meiliki kompetensi ganda ini lebih mudah beradaptasi saat ditempatkan pada Sekolah Menengah Kejuruan.

Top